Kamis, 07 Mei 2009

Makanan kesukaan Lobster

Makanan Lobster
Lobster air tawar merupakan pemakan segala atau yang biasa dikenal dengan hewan omnivora yaitu bisa makan tumbuh-tumbuhan dan hewan. Walaupun demikian LAT ini di beri pakan berupa pelet khusus juga bisa. Asalkan kandungan gizinya memadai dan bagus untuk lobster.
Contoh makanan berupa tumbuh-tumbuhan saya memberi pakan berupa tauge dan biji kacang hijau-ini untuk lobster dewasa-. Pertanyaannya bagaimana lobster ini bisa memakan pakan jenis ini?
Pertama untuk pakan berupa tauge harus di rendam air panas terlebih dahulu sampai taugenya bisa tenggelam, kalau tidak maka lobster tidak akan bisa makan tauge yang terapung karena sifat pergerakan lobster selalu berada di dasar air dan juga tidak bisa berenang, jadi lobster hanya makan makanan yang berada di dasar air.
Kedua untuk biji kacang hijau, karena sifatnya masih keras otomatis lobster tidak bisa memakan biji kacang hijau yang masih keras, oleh karena itu biji kacang hijau harus di rendam terlebih dahulu selama beberapa jam, biasanya dari pengalaman saya biji kacang hijau saya rendam di air selama kurang lebih 6-8 jam. Untuk biji kacang hijau kita tidak perlu lagi menggunakan air panas karena bisa tenggelam sendiri. Konon beritanya tauge dan biji kacang hijau ini bisa meningkatkan kesuburan lobster sehingga dapat menghasilkan telur yang lebih banyak. dalam hal ini saya tidak dapat membuktikannya karena hanya melalui berita dari para pembudidaya lobster saja. Benar atau tidak anda buktikan sendiri...
Berikutnya contoh makanan dari hewan bisa berupa artemia, cacing, ikan kecil dll. Khusus untuk lobster dewasa saya memberi pakan berupa cacing tanah. Karena cacing tanah mengandung protein yang sangat tinggi, menurut artikel-artikel yang saya baca cacing tanah memiliki protein hingga 65-70%. Dan lobster saya suka sekali dengan cacing tanah. Namun saya kesulitan mencari cacing tanah di daerah jakarta-jembatan dua dan sekitarnya, karena lahan kosong sudah sangat sempit. Sedangkan kalau harus membeli harus membeli dalam jumlah besar, padahal saya baru memelihara induk saja yang cuma 6 ekor. Kira-kira ada yang bisa memberitahu saya membeli cacing tanah yang dekat dengan daerah jembatan dua dan sekitarnya? asal harganya terjangkau. hehehehehe.....
Contoh untuk pakan berupa pelet anda bisa membelinya di toko-toko ikan dan aquarium, bahkan di carefour dan tom hardware juga menyediakan pelet untuk lobster ini. Biasanya yang dijual di pasar swalayan berupa pelet impor, untuk mencari pelet lokal anda harus ke toko aquarium atau toko ikan. Pelet lokal yang terkenal ada pelet buatan lobsterairtawar.com punya-nya pak cuncun setiawan. Luar biasa pengusaha lobster satu ini. Anda bisa bisa juga berkunjung ke websitenya di http://www.lobsterairtawar.com/
Makanan Favorit atau Kesukaan Lobster Air Tawar
Pada dasarnya lobster yang saya pelihara menyukai makanan berupa hewan hidup, terutama cacing tanah. Pada saat di beri pakan cacing tanah, lobster langsung menyergapnya. sedangkan untuk tauge dan biji kacang hijau lobster akan pelan-pelan memakannya. sama halnya dengan pelet, lobster juga akan dengan santai untuk memakannya. hanya saja keterbatasan waktu dan tenaga sehingga pemberian pakan berupa cacing tanah agak kesulitan dalam memberikannya kepada lobster. untuk ikan kecil saya belum mencobanya karena saya tidak tahu ikan apa yang biasa diberikan kepada lobster. dari artikel yang saya baca ada yang memberikan udang mati dan ikan mati kepada lobster, namun untuk memberikan pakan yang demikian sangatlah mahal dalam skala rumahan, jadi saya belum pernah mencobanya.
Dalam hal kebersihan pemberian pakan berupa cacing juga sangat menguntungkan karena pakan akan habis dimakan seberapa banyak yang kita berikan, asal saja kita harus memberikannya sesuai kebutuhan. sedangkan untuk pakan-pakan lainnya pasti akan menyisahkan makanan sisa dan cepat mengotori dasar wadah lobster -terutama yang menggunakan wadah plastik, aquarium dan bak semen yang tidak terlalu besar- sehingga kita harus sesering mungkin membersihkan wadahnya.
Dalam hal kesehatan saya belum tahu akibatnya apabila diberikan pakan berupa cacing tanah secara terus menerus. Namun secara logika saja, lebih baik pemberian pakan secara selang-seling agar lobster tidak bosan.
Jika ada yang mempunyai informasi makanan kesukaan lobster air tawar ini silahkan berbagi disini dengan memberikan komentar anda!!
Salam LAT
-
-
-

15 komentar:

  1. saya sudah membaca semua artikel bpk ttg LAT...skrg bagaimana perkembangan LAT bpk..apakah sudah bisa dikatakan usaha lobster...saya juga ingin belajar banyak nih ttg LAT...hehee..pgn jadi pegusaha LAT juga..

    BalasHapus
  2. sebelumnya terima kasih atas kesediannya untuk membaca artikel saya
    sampai saat ini lobser saya sudah beranak
    mungkin 1 -2 bulan kedepan sudah bisa jual anakan mau pun indukan dalam skala kecil
    jadi bapak tinggal tunggu artikel selanjutnya
    thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya sangat senang dgn penjelasa Bapak mengenai LAT, sangat singkat dan mudah dipahami

      Hapus
  3. salam kenal pak! senang rasanya membaca tentang artikel bapak tentang semangat pantang menyerah dalam usaha lobster yang katanya banyak yang sudah kecewa. saya juga memulai budi daya lobster ini hampir sama dengan bepak, tepatnya bulan februari banyak artikel yang mengatakan kalau harga lobster di pasaran sudah terjun bebas. tapi seperti yang bapak katakan jangan menyerah.pertengahan bln mei saya mencari penjual lobster yang bersertifikat di daerah tanggerang, saya beli lobster dengan ukuran 4.5-5" (5 jantan 3 betina)
    + bonus indukan yang sedang gendong telur ukuran 5" harga 330 ribu, besok paginya yang bendong telur udah tergeletak di lantai digigitin tikus, ternyata dia manjat selang airator gara2 selangnya lupa di jepit. sekarang lobsternya sisa 6 ekor 2 ekor jantannya berkelahi sampai mati, yang dua sudah menetaskan telurnya dan yang dua ekor lagi sedang mengerami telurnya.
    untuk burayak yang baru netas selalu saya berikan cacing sutra g ada makan yang lain yang umurnya 2 minggu sejak di rontokan dari induk panjangnya rata2 udah pada 1.5cm. mau nanya pak boxernya ukuran berapa kok bisa sampe 250 ribu 1 nya, saya bikin aquarium ukuran 80X45X35 cm modalnya cuma 150 ribu, tapi bikin sendiri. untuk lobster dewasa hanya saya berikan peletnya pak cuncun, kacang hijau dan cacing tanah 1 minggu 2 kali untuk cacing tanah dan kacang hijau. kayaknya mereka g pernah bosan makannya walaupun saya kasih dengan pola yang sama, apalagi buat burayaknya saban hari makananya cacing sutra doang. kalau buat indukan yang sedang mengeram saya tempatkan di conteiner box yang 40 liter biar gampang di sifonnya untuk makannya full saya kasih pelet doang 5 butir pagi dan 8 butir sore hari. kalau buat shelter nya saya gunakan karpet yang buat talang yang keras soalnya harganya lebih murah 9 rb permeter bisa jadi banyak lebih murah dari pipa, lemnya di potong sesuai kehendak terus di lem.sory nih pak jadi banyak ngomong, saya nantikan lagi pengalaman dari bapak tentang latnya.

    Putra
    Bekasi

    BalasHapus
  4. cerita bapak tidak berbeda jauh juga dengan saya, pernah saya gabungin 2 ekor jantan yang sudah berpisah selama 1 bulan, kemudian kedua nya saling berkelahi alias adu kekuatan, yang akhirnya berakhir dengan jantan yang satu patah 1 capitnya, terus pernah juga lobster keluar manjat dari selang aerator.
    Anakan lobster saya juga udah banyak, jadi bingung besarinnya, butuh banyak tempat.
    Ternyata bung putra memang benar makanan yang paling di sukai anakan lobster adalah cacing sutra, anakan lobster akan cepat berkembang dan cepat besar jika di kasih makan cacing sutra terus. sama halnya dengan lobster yg suka cacing tanah.
    ok selamat ya bung putra,
    semoga sukses menjadi pengusaha lobster,
    salam damai sejahtera

    BalasHapus
  5. misi ,
    aku tertarik sma artikelnya ,

    aku mau tnyak ni tntang LAT .
    ak msih pemula alias awam soal pngalaman,
    ak beli lobster 5 (3jantan+2betina)ukurannya 3,5" stiap hari d ksih pelet tp g prnah d mkn dan skrng coba d selingi dgn cacing beku , klo d ksh cacing beku psti slalu habis ,
    nah yg jdi pertanyaan , pakan yg bgus utk slingan LATnya ap y ? apakah pelet msh d gunakan , atau pakai cacing beku terus ?
    tlong para senior peternak LAT d jwab ,
    mksih bnyak !!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo ada untuk indiukan saya di seling dengan keong mas, yg saya rasa di kasih keong mas LAT nya lumayan cepat pertumbuhannya..

      Hapus
  6. hmm,,, menurut saya jika ingin memberi pakan LAT dari pakan yang hidup dan di dapat dari alam lebih baik di rendam di air panas dulu agar terbebas dari penyakit yang dapat membahayakan LAT

    BalasHapus
  7. Saya biasa bagi jagung hancur yg direndam & pallet ikan yg tengelam..

    BalasHapus
  8. Mau tnya untuk penjual indukan lobster daerah jakarta barat,cengkareng adakah.mohon infokan

    BalasHapus
  9. Artikel yg bagus pak...
    Kalau boleh saya tau untuk pangsa pasar lobster itu sendiri kemana y pak?

    BalasHapus
  10. tapi pasarannya agak sulit tolong untuk artikel penampung atau penerima LAT di posting

    BalasHapus
  11. Saya baru 1 bulan mencoba memelihara indukan. Dg 7 betina 4 jantan. Pd waktu beli zdh ada yg bertwlor cm lama kelamaan telornya berwarna hitam. Itu menandakan telornya tdk sehat alias blungker. Penyebabnya krn seringnya lobster dipindah atau waktu diperjalanan terkena guncangan2 akhirnya lobster yg bertelor pelahan2 lemah dan mati. Untuk pakan saya selang seling. Kentang wortwl tauge. Tadi saya kasih daging bandeng dan wow begitu lahapnya si lobster memakannya. Krn bandeng goreng sisan makan yg tdk habis jd sy cemplungkan saja, sy ambil dagingnya yg putih.memang harus sabar, telaten dan mencintainya hehe...saya tdk berfikir hasil. Sy br belajar mengenali karakter LAT RC. Terimakasih2 teman2 telah sharing dan menambah wawasan budidaya lobster. Semoga bermanfaat.

    BalasHapus
  12. Malam om om semua,
    Saya kamren abs dapat lbster kurang lebih 7 ekor.
    1 yg pling besar tp tdak tau Brp inci slain nya sbesar jempol tngan org dwasa.
    Yg saya ingin tanya kan untuk ktinggian air kolam nya brpa?
    Dan untuk membedakan jantan atau betina bagaimana y om.
    Mohon saran nya.
    Trimakasih.

    BalasHapus
  13. Selamat malam om.

    Saya baru tadi siang kenal LAT secara enggak sengaja, karena bbrpa hari yang lalu kolam taman dalam rumah saya ikan koki dan sejenisnya habis mati semua, dan saya berniat mengisinya kembali dgn jenis ikan yang lebih tahan. Eh, ternyata di toko akuarium dan ikan ada orang sedang milih2 LAT. Saya langsung tertarik dan membelinya 10 ekor dan sebotol pelet lobster. Anak2 sy antusias banget om, unik, asyik, malah saya yg bingung takut salah asuh. Artikel om sangat membantu saya untuk mengasuh LAT. Mau saya coba nengamatinya dalam bbrpa hari ini. Yang ingin saya tanyakan, kolam sy ini dari batu alam, apakah si LAT ini hobby panjat2 dinding sehingga potensial keluyuran dugem di luar om? Kalo iya sih mungkin mau sy kasih kaca atau mika di pinggirnya. Lalu untuk ukuran kolam 1x1,5m idealnya diisi berapa ekor? Untuk molting dsb mungkin sy amati bbrpa hari kedepan, terutama ciri2 khususnya seperti yg tertulis pada artikel om. Tengkiyu ilmunya om.

    BalasHapus